Jumat, 01 Februari 2013

Hangat dengan Sup Kakap Merah



                                                                  Sup Kakap Merah
Musim penghujan tampaknya membuat selera makan hidangan hangat tambah meningkat. Melansir webmd.com, seorang ahli gizi dari Houston AS Kristin Herlocker MS RD mengatakan bahwa jawabannya terletak pada fisiologi modern. Yakni, ketika suhu udara turun maka suhu tubuh juga turun dan menyebabkan kerinduan akan menyantap makanan yang menghangatkan tubuh dengan cepat makin meningkat.

Salah satu makanan hangat berkuah yang dapat dinikmati adalah sup kakap merah. Bahan utamanya, yakni ikan kakap merah mudah kita jumpai di pasaran. Sebagai ikan laut, kakap merah mengandung  protein yang sebanding dengan protein daging. Juga mengandung asam lemak Omega 3. Di dalam Omega 3 terdapat asam eikosapentaenoat (EPA) bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Asam lemak pada ikan merupakan asam lemak essensial bersifat tidak jenuh yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, selain hangat menu sup kakap merah juga merupakan hidangan sehat yang tentunya bermanfaat untuk dikonsumsi. Jika Anda ingin mengonsumsi sup kakap merah namun tidak sempat membuatnya di rumah, Anda bisa mencoba sup kakap merah yang dihidangkan di Restoran Chiao Tung, Mercure Jakarta Kota. Sup kakap merah disajikan dalam steamboat yang membuatnya senantiasa hangat.

Isi sup kakap merah ini terdiri dari satu ekor ikan kakap merah yang telah dipotong dua, tahu dipotong dadu, irisan jahe, daun bawang, tomat merah segar, dan cabe merah. Sup yang diolah dari kaldu ikannya terasa ringan dan tidak terlalu kental, tambah hangat terasa karena kehadiran jahe. Dilengkapi dengan nasi putih hangat dan pulen menambah kenikmatan sup kakap merah ini.

Executive Chef Mercure Jakarta Kota Leonardus mengatakan bahwa untuk mendapatkan kaldu ikan yang enak, jangan terlalu lama mengolahnya, cukup tiga puluh menit saja. Usahakan juga ketika memasak sup ikan, api yang digunakan jangan terlalu panas, jangan terlalu sering diaduk, dan panci jangan ditutup agar daging ikan tidak hancur.

Jadi, dengan pandai memilih makanan terlebih lagi di musim penghujan, Anda tetap bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Menu berkuah yang hangat dan menyehatkan seperti sup kakap merah ini bisa jadi pilihan. [ACH]


*telah dipublikasi di Koran KOMPAS, 11 Januari 2013 - Klasika | Wisata Boga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar